Bagian-Bagian Penting Dalam Modifikasi Motor Touring

Touring merupakan perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun 4 dalam jarak jauh dengan perencanaan durasi perjalan dan tempat tujuan. Kegiatan yang termasuk dalama kategori hobi ini biasanya dilakukan berkelompok dengan struktur yang jelas, misalnya club sepeda motor tertentu.

Yang jadi masalah, beberapa anggota mengeluhkan rasa lelah luar biasa saat touring menggunakan sepeda motor. Bisa jadi karena motor mereka tidak memiliki spesifikasi yang menunjang kegiatan touring. Motor sport misalnya, meskipun memiliki mesin mumpuni, pengendara tetap akan merasa kesemutan setelah berkendara seharian atau bahkan lebih.

Nah, apabila Anda ternyata memiliki jiwa petualang dan ingin melakukan touring suatu saat nanti, Anda tak perlu menjual motor itu demi memboyong sebuah motor touring yang pastinya tidak murah. Modifikasi bagian tertentu bisa membuat motor Anda nyaman diajak touring.

1. Modif Tempat Duduk

Tempat duduk alias jok adalah bangku yang diduduki selama perjalanan untuk membantu meredam guncangan hingga getaran. Anda bisa memodifikasi tebal jok dengan membawanya ke tempat tukang jok untuk menambah busa original motor atau dengan membeli seat aftermarket di toko variasi.

2.  Windshield

Windshield merupakan penghalang angin agar tidak menerpa ke pengendara. Memasang windshield ke motor touring Anda dapat mengurangi beban dari terpaan angin dan mengalirkannya ke arah lain. Selain faktor aerodinamis, aksesoris ini juga menunjang penampilan motor touring Anda.

3.  Ban

Modifikasi selanjutnya adalah di bagian roda. Ban merupakan part yang wajib diperhatikan sebab komponen ini menjadi kunci keamanan dan keselamatan berkendara jarak jauh. Anda bisa mengganti ban bawaan dengan profil yang lebih lebar supaya lebih stabil. Pilih ukuran ban yang sesuai dengan ukuran velg. Mungkin naik 1 atau 2 ukuran di atas standar motor dirasa cukup untuk menghindari beban berlebih pada mesin.

4.  Peninggi Stang

Peninggi stang dapat membantu mencegah rasa pegal dalam perjalanan jauh lantaran posisi berkendara jadi lebih tegak. Pilihlah produk dari bahan baja agar tak mudah pecah atau retak saat menerima getaran.

5. Box

Box yang berfungsi sebagai bagasi tambahan ini penting  untuk terpasang di motor touring mengingat lamanya perjalanan yang pastnya menuntut bekal dan bawaan yang lebih banyak. Box ini dapat menyimpan barang bawaan seperti jas hujan, toolkit hingga P3K.


Kelima bagian motor yang bisa dijadikan sebagai acuan modifikasi ke motor touring di atas masih bisa Anda rubah lagi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Anda juga perlu mempertimbangakn lintasan yang akan Anda lalui dan lamanya perjalanan sebagai alasan melakukan modifikasi bagian tertentu.