5 Tips Aman Mengendarai Motor Sport Bagi Pemula

Mempunyai motor sport atau motor gede menjadi sebuah impian bagi beberapa orang, khususnya untuk kaum adam. Tidak heran jika kini para produsen motor seperti Kawasaki, Honda, Yamaha dan lainnya berlomba-lomba menghadirkan motor sport berspesifkasi keren. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa untuk menunggangi motor yang berkapasitas mesin besar, seperti motor sport ini tidak boleh sembarangan, mengingat bobotnya begitu besar dibanding motor biasa. Bagi pemula yang terbilang baru dalam mengendarai motor sport, di bawah ini ada beberapa tips dan teknik yang tidak boleh dilewatkan.

1. Memahami Karakter Motor dan Menyatu di Dalamnya

Agar motor sport bisa dikendarai dan bergerak sesuai keinginan pengemudinya, dibutuhkan teknik khusus, dikerenakan motor jenis ini memiliki berat yang lebih besar. Ketika menggunakan motor sport, Anda harus merasa lebih santai dan tidak buru-buru. Jika tidak demikian, maka kemungkinan buruknya Anda bisa jatuh karena tidak berhati-hati. Pastikan juga Anda mengenali karakter motor yang Anda tunggangi.

2. Fokus dan Kosentrasi Tinggi

Kapasitas mesin yang besar ditambah dengan top speed yang tinggi, membuat Anda butuh konsentrasi yang tinggi saat mengendarai motor ini. Artinya dengan kecepatan tinggi, Anda memerlukan fokus ke depan dan kanan kiri, namun jangan juga terlalu santai karena bisa menimbulkan risiko kecelakaan. Pastikan Anda melihat kaca spion kiri dan kanan saat ingin menyalip kendaraan di depan Anda.

3. Safety Riding

Meskipun kendaraan motor yang Anda kendarai sudah dilengkapi dengan keselamatan dan fitur keamanan, bukan berarti Anda seenaknya. Pengendara yang baik harus mementingkan keselamatannya dalam berkendara, misalnya dengan mengenakan helm, jaket, elbow protector dan lainnya. Setidaknya Anda meminimalkan atau mencegah dari hal yang tidak diinginkan saat terjadi kecelakaan.

4. Sebelum digunakan Cek Kondisi Kendaraan

Mengendarai motor sport dengan bobot yang berat, di tambah dengan kapasitas mesin besar, membuat Anda harus rajin memeriksa kondisi motor. Terutama pada sistem pengereman. Sebaiknya periksa apakah rem pada motor berfungsi sebagai mana mestinya, sebelum memutuskan untuk ridding dijalan.

5. Kondisi Ban Motor yang ideal

Ban memberikan peran penting dalam performa sebuah motor sport. Untuk itu, pemilik motor harus memperhatikan kondisi ban apakah masih layak pakai atau sudah tidak. Hal ini dilakukan agar motor selalu dalam kondisi prima saat digunakan sewaktu waktu. Jangan sampai Anda mengendarai motor di mana kondisi bannya sudah gundul, apalagi jika menempuh perjalanan jarak jauh.