5 Jenis Spare Part Motor yang Mudah Rusak

Spare part motorĀ  terbagi menjadi banyak jenis. Setiap jenis spare part memiliki fungsinya masing-masing. Satu spare part dengan spare part lainnya akan saling melengkapi menjalankan fungsinya sehingga motor bisa bekerja dengan optimal. Spare part motor juga bisa berpengaruh pada usia guna motor yang anda pakai.

Awet atau tidaknya motor menjalankan performa yang baik sangat dipengaruhi oleh spare part yang digunakan. Jika anda memakai spare part dari merek asli dan sudah terjamin kualitasnya, maka motor akan bisa bekerja dengan performa terbaik untuk jangka waktu yang lama. Sebaliknya, jika spare part-nya saja sudah palsu dan tidak berkualitas maka performa motor juga tidak bisa bertahan lama.

Kita semua tahu bahwa motor merupakan alat transportasi berbagai kalangan masyarakat. Motor sangat praktis dibawa berpergian dan memudahkan kita untuk sampai di tempat tujuan dalam waktu yang lebih cepat. Agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik maka motor membutuhkan perawatan yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan merawat spare part yang digunakan.

Spare Part Mudah Rusak

Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis spare part motor yang perlu digunakan. Dari sekian banyak spare part motor tersebut, ada beberapa jenis spare part yang mudah rusak. Spare part jenis ini harus mendapatkan perhatian khusus. Apa saja jenis spare part yang mudah rusak tersebut?

Inilah dia 5 jenis spare part motor yang tergolong mudah rusak :

Kampas Rem

Kampas rem merupakan jenis spare part yang sangat mudah aus. Penyebab keausan kampas rem bisa bermacam-macam. Bisa terjadi karena setelan rem terlalu kencang, posisi cakram yang tidak rata, dan kebiasaan stop n go pada pengguna sepeda motor. Pastikan anda rutin memeriksa kondisi kampas rem dan gantilah jika kondisinya sudah aus.

Busi

Busi merupakan jenis spare part yang mudah rusak. Jika busi sudah rusak, maka motor tidak akan bisa digunakan. Busi mudah mati karena kemasukan air atau cairan tertentu. Selain itu, penggunaan busi yang tidak sesuai dengan jenis motor juga bisa menjadi masalah. Pastikan anda melakukan pemeriksaan kondisi busi secara teratur untuk menghindari kerusakan.

Seal Karet

Seal karet merupakan jenis komponen yang ada di berbagai tempat di motor anda. Namun, ada bagian seal karet yang paling mudah rusak yatu di bagian seal shockbreaker, seal pompa oli, serta seal kruk as. Agar seal tidak mudah rusak, anda bisa menggunakan seal karet yang asli meskipun harganya memang jauh lebih mahal.

Bearing Roda

Bearing roda merupakan komponen yang akan menjaga roda dan disk cakram dalam posisi yang tepat. Jika bearing roda tidak dalam kondisi yang baik maka akan berpengaruh pada posisi cakram. Hal ini kemudian akan berpengaruh pada kondisi kampas rem anda.

Kabel Kopling

Untuk jenis motor yang memakai kopling, kabel kopling menjadi komponen yang sangat penting. Kabel kopling juga menjadi bagian dari motor yang cepat rusak atau putus. Kerusakan pada kabel kopling bisa terjadi karena kualitas kabel yang memang buruk atau karena munculnya karat akibat paparan air hujan terus menerus.


Itulah tadi 5 jenis spare part motor yang mudah mengalami kerusakan. Bagi anda yang ingin mengganti spare part motor yang sudah rusak, anda bisa membeli spare part motor murah di Bukalapak. Bukalapak akan memberikan penawaran produk berkualitas dengan harga yang tentunya bersahabat.